Jumat, 06 Mei 2011

modifikasi bebek 2tak standart GRASSTRACK

Tips untuk grasstrack sebenarnya banyak banget tapi intinya adalah : Tenaga, Ringan dan Kuat,
( yang dibutuhkan torsi gede bukan top speed ) 
oke dimulai dari motor bebek 2tak standart dulu ya (kelas pemula) 
                                                                                                                                                   
 

  • untuk velg tetap harus dari material besi (sekarang masih juga kan ?) tapi bisa kita akalin dengan velk yang lebarnya lebih kecil (antara lebar 1,25" untuk depan dan 1,55" untuk belakang, pilih velg standart yang kuat dan ringan) begitu juga dengan jari2 yang lebih kecil diameternya, ini berguna untuk memperingan sektor kaki kaki.
  • Jangan lupa bearing roda kita ganti yang heavy duty agar kuat melahap trek, misalnya dengan merek FAG dengan type bearing dengan type memakai cover bearing dari plat.
  • Ban diganti dengan ban pacul type "wet" yang kembangannya lebih kecil dan jarang. Untuk bebek kelas standart pemakaian type wet sangat baik dan tidak perlu khawatir karena bobot motor dan rider-nya cenderung ringan sehingga tidak membuat kembang ban patah.
  • Untuk shock depan tetap memakai standartnya hanya saja "suling" shock yang terletak dekat as roda depan harus diperpanjang di tukang bubut sekitar 30 mm dan sesuaikan volume olie shock (coma dengan menggunakan olie shock yang lebih encer 5 SAE dan dicoba). Ini berguna untuk membuat travel shock lebih jauh dan aman dalam melibas berm atau superbowl.
  • Stang pada pangkal hangrip dipotong dan disambng untuk memperlebar stang sekitar 40mm kiri dan kanan (total sekitar 80mm). Teknik penyambungan harus dengan pipa yang sama dengan stang (cari stang bekasan) dan pada sambungan harus dibuatkan "bevel" las agar las kuat. Pengelasan menggunakan las Argon atau TIG/GTAW (bengkel buut ngerti koq).
  • Bushing karet pada stang yang mengikat dengan segitiga as fork harus dilepas. Ini berguna agar stang lebih rigid dan sensitifi apabila dikendalikan.
  • As garpu belakang umumnya menggunakan bushing dari "nylon" biasanya agak seret dan cenderung oblak. Gunakan material dari teflon yang memiliki unsur pelumasan bila digunakan sebagai bushing (bentuk dibubut seperti bushing aslinya).
  • Apabila memiliki cukup dana maka ganti bushing tersebut dengan bearing "bambu" atau bahasa bulenya "neddle bearing" yang seperti di Yamaha scorpio (saya tahunya cuman merk itu). Dengan demikian ayunan garpu belakan semakin lancar, tidak tersendat dan rigid/tidak oblak. Ini mempengaruhi performance saat melakukan tikungan pada trek yang tidak rata.
  • untuk schock belakang, mungkin para crosser  pernah mendengar atau sekarang mempergunakan shock kyb fgs merah atau biru, karena kita lihat banyak yang mempergunakan shock kyb fgs, sebenarnya kenapa kita harus mempergunakan shock kyb seperti itu, kan shock tersebut desain untuk street , bawaan yamaha xjr400 dan cb400sf, memang shock tersebut ( kyb gfs ) mempunyai settingan seperti shock asli trail, tetapi bagaimanapun juga tidak bisa disamakan dengan trail, bila kita mencoba jump 9 meter keatas, dan tidak akan bertahan lama untuk di grastrack  hmm tapi okelah  itu sudah mumpuni,disamping..(harganya bikin tekor) hehe
  • Shock red wing adalah shock dengan system oli, kita bisa memasukan oli menurut keinginkan kita di tempatnya, bisa dilihat difoto, system kerjanya seperti shock upside trail, mempergunakan system oli, di usa dikenal dengan rear twin shock vintage dirtbike .


5 komentar:

  1. salam kenal gan...
    saya punya motor F1ZR mau dibikin motor grastrack...sebaiknya lengan ayunnya pake lengan ayun motor apa gan yg lebih lebar, panjang dan kuat...?
    mohon informasinya gan...
    trimakasih

    BalasHapus
  2. berminat harga jual berapa useer

    BalasHapus
  3. Bos bengkel modifan KRP ini dmana temptnya.

    BalasHapus
  4. Bos bengkel modifan KRP ini dmana temptnya.

    BalasHapus