Sabtu, 31 Maret 2012

>>> GRASSTRACK [ bebek modifikasi 4 tak ] part II permirsaa ....

Di Indonesia motor memiliki banyak sekali fungsi, jadi selain fungsi dasar sebagai alat transportasi. Fungsi-fungsi tersebut antara lain adalah untuk : 

Kompetisi balap,Sarana Bersosialisasi danSarana Kreatifitas.

baik untuk kali ini kita hanya membahas fungsi pertama, biar gue gak capek nulis dan elu nggak capek bacanya mas bro, hehehehe ;p
Di DUNIA maupun di INDONESIA, balap motor dibagi menjadi dua jenis, yaitu on road dan off road ..wew gk mungkin lah on air tu namanya balap pesawat lah permirsaaa..,tapi bedanya di INDONESIA dimana disini  untuk balapmotor motor yang kita gunakan mayoritas masih menggunakan motor bebek (moopet) atau tepatnya motor buat ibu-ibu kepasar lah... hmmmm..ettt tunggu dulu.. justru itulah mas bro kelebihan dari modifikator dan mekanik INDONESIA yang bisa bikin geleng-geleng mekanik JEPANG haikkkkkk (angkatjempol kaki)..hihihi kalo dia liat motor ciptaanya disini..
Dan karena melihat dari daya beli dan kondisi masyarakat yang ada , maka kejuaraan balap motor di Indonesia dibawah IKATAN MOTOR INDONESIA (IMI) melakukan penyesuaian dan kreatifitas secara mendasar agar olah raga kompetisi  di bidang balap motor tetap dapat berjalan secara luas dan menyentuh bagi semua lapisan masyarakat.
Apa saja jenis balap yang penuh dengan kreatifitas dan seni di bidang balap motor ini,
  1. Road Race ( MotoPrix dan IndoPrix)
  2. Garuk tanah ( GRASSTRACK )
Terus mengapa gue sebut penuh dengan kreatifitas dan seni,?? sekali lagi gue ulang.. karena  tadi diatas, dua jenis lomba ini umumnya adalah menggunakan kendaraan atau motor yang di produksi masal sebagai alat transportasi bukan sebagai produk khusus balap atau racing (prototipe).Dan dengan sentuhan tangan tangan terampil
(MODIFIKATOR) serta dukungan dari para praktisi dan pecinta olahraga otomotif di INDONESIA ,maka lahirlah motor-motor dengan kemampuan yang maksimal di kelasnya ( isi silinder sebagai batasan) yang mampu menjadi motor kompetisi atau motor balap.( jelmaan ) terserah jelmaan makluk halus darimana kek !hhaha ok lanjut...
tetapi Sebenarnya bukan lagi jadi rahasia umum, bahwa untuk membangun sebuah motor agar bisa menjadi motor balap baik di road race ataupun grasstrack,kita memerlukan biaya yang tidak sedikit atau bahkan bisa disebut biaya untuk memodifikasinya bisa 3 sampai 5 kali dari harga motornya,wew.. kenapa bisa begitu ??.hehehe..
karena perlu kita ketahui selain body/rangka (frame) ,part mesin harus dan wajib diganti dan dimodif semua dengan parts racing yang harganya memang sesuai dengan hobi balap prestasi tersebut.

Sebagai contoh untuk grasstrack, part vital yang harus dipasang untuk kelas BEBEK MODIFIKASI 4 LANGKAH agar bisa bersaing memperebutkan gelar juara di luar skill pembalap tentunya, adalah modifikasi motor itu sendiri dan hal pertama yang sering dilakukan mekanik maupun modifikator adalah yaitu dengan  :

- memodifikasi frame atau rangka dengan pemakaian kaki kaki baru maupun copotan limbah dari SE (special engine) baik seperti Shock Upside Down depan,tromol,pelek,rem set,Coverbody plus tangki dll, kemudian untuk sektor belakang dengan pemakain Shock belakang gas adjustable seperti KAYABA FGS merah maupun biru,(dengan ketentuan mengikuti regulasi ) karena dalam regulasi balap motor Nasional memang tidak di perbolehkan menganti sistem kerja dari yang dual menjadi mono untuk motor bebek.

-kemudian untuk mesin yaitu penggunaan part part racing seperti magnet,karburator,dll tapi yg paling penting adalah memodifikasi mesin di sektor silenderkop,blok,nokenAS maupun crankshaft. tapi sekedar catatan dari gue bahwa prinsip kerja mesin di grasstrack berbeda dengan roadrace disini yang diperlukan Tenaga  Ringan dan Kuat,jadi yang dibutuhkan torsi gede bukan top speed.

- mungkin bisa kita lihat seperti contoh gambar dibawah ini    ( huaaaaa kemaren pas gue jalan jalan di dunia maya nemuin foto foto ini hehehe maklumlah motor team kita belum kelar bikinnya so nggk bsa oupload dahh! ntar deh lo dah jadi pasti gw pamerin sama elu elu pade wkwkwk : p  Cekidot ---->


*Dan terlepas dari semua itu kita patut mengacungi jempol kepada para pelaku balap di Tanah Air, tiada yang bisa menghentikan semangat berkompetisi dan berprestasi di balap motor walaupun belum bisa disejajarkan dengan prestasi dunia balap negara-negara maju, kita harus yakin kelak jika bangsa ini untuk beli YZF, RMZ, CRF, KXF,KTM dll sudah ringan dan enteng,( hmmm TAPI KAPAN ITU ?? semakin hari semakin mahal  mas bro )   prestasi dunia akan siap masuk dalam genggaman Putra Pertiwi 



 www.facebook.com.sonson.ims   salam olah raga !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar